Minggu, 03 Juni 2018

Cegah Kebakaran Hutan, Polda Sumut Kembangkan Sistem Berbasis IT


Berita Pusat - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) tengah mengembangkan sistem penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan berbasis informatika teknologi (IT). Sistem yang sedang dibangun tersebut nantinya dapat mendeteksi dan memonitor titik-titik atau sumber api dengan cepat.
“Pemanfaatan aplikasi sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis IT telah diprogramkan secara serentak seluruh Polda,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw di Medan baru-baru ini.
Menurutnya, dengan mengetahui titik api, maka kebakaran dapat dicegah sedini mungkin.
“Sistem ini telah dikembangkan oleh seluruh Polda di Indonesia, terutama Polda yang mewadahi lokasi rentan kebakaran hutan dan lahan. Apabila sistem ini telah beroperasi secara penuh, maka dapat dimanfaatkan oleh seluruh instansi terkait,” kata Paulus.
Diutarakan dia, pada tahun 2015 telah terjadi kebakaran hutan di beberapa wilayah Indonesia yang berdampak hingga ke negara tetangga. Oleh karenanya, kondisi ini menjadi perhatian khusus Presiden RI dengan mengeluarkan instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.
“Dengan memanfaatkan sistem atau aplikasi ini, maka penanganan kebakaran hutan dan lahan dapat diantisipasi sedini mungkin,” katanya sembari menambahkan, telah dibangun Command Center Aplikasi Sistem Monitoring Kebakaran Hutan dan Lahan.
Untuk itu, lanjut dia, akan diberdayakan masyarakat peduli api dengan melakukan pemetaan wilayah kebakaran hutan dan lahan.
“Agar aplikasi sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis IT di Polda Sumut berjalan optimal, maka melalui asistensi dan supervisi ini diharapkan dapat diketahui pencegahan dan kendalanya untuk dicarikan solusi dan penanggulangannya,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar