Sabtu, 01 September 2018

Bengkulu Diguncang Gempa 3,0 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami


beritapusat99 - Gempa berkekuatan 3,0 Skala richter (SR) kembali mengguncang Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu, Minggu (2/92018). Gempa dangkal itu terjadi sekira pukul 09.08 WIB. Meskipun demikian, saat terjadinya gempa getarannya tidak begitu dirasakan masyarakat Kota Bengkulu dan sekitarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi berada di koordinat episenter 3.84 Lintang Selatan (LS) dan 102.15 Bujur Timur (BT) atau berlokasi di 13 kilometer (KM) Barat Daya, Kota Bengkulu dengan kedalaman hiposenter 21 kilometer (KM).

Di mana gempa bumi tektonik di wilayah Kota Bengkulu tersebut, kata PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia, dengan hiposenter yang terletak di zona transisi Megathrust-Benioff.

''Gempa ini tergolong gempa dangkal. Namun, tidak menyebabkan potensi tsunami karena magnitudo kecil. Belum ada laporan dirasakan,'' kata Sabar, saat di konfirmasi Okezone, Minggu (2/92018).

Hingga gempa terjadi, sambung Sabar, belum ada aktivitas gempa susulan. Sementara masyarakat diimbau agar tetap tenang. Selain itu, sampai Sabar, hingga saat ini belum adanya laporan dari masyarakat atas dampak dari gempa tersebut. Baik dampak laporan kerusakan bangunan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, pendidikan, ibadah serta bangunan rumah.

''Belum ada laporan kerusakan. Kami meminta agar masyarakat tetap tenang,'' imbau Sabar.

0 komentar:

Posting Komentar