Jumat, 31 Agustus 2018

Kisah Ondel-Ondel: Dari Mengusir Makhluk Halus hingga Jadi Pengamen Jalanan

Beritapusat99 - Ondel-ondel merupakan ikon DKI Jakarta, yang memiliki sejarah panjang. Konon, ondel-ondel sudah ada sejak abad 16. Saat itu, ondel-ondel mulanya dikenal sebagai boneka raksasa yang diarak warga dari kampung ke kampung untuk mengusir roh jahat.

Pada masa itu, Budayawan Betawi, Ahmad Suaip mengatakan, tidak bisa sembarang orang mengarak ondel-ondel. Ia menjelaskan, orang yang ingin mengarak ondel-ondel itu harus menjalani proses ritual dengan menyambangi makam kramat.


"Ondel-ondelnya dan orang-orangnya mengunjungi makam kramat untuk ritual khusus. Setelah keluar dari makam kramat orang-orang tidak mau deketin tuh ondel-ondel. Ketika didekati risiko bisa kena gepakan dan itu bisa memar dan berdarah. Ondel-ondel sendiri tidak bisa disalahkan," kata Suaip saat berbincang dengan Beritapusat99, belum lama ini.

Sebelum bersolek, wajah ondel-ondel tampak seram dan menakutkan, dengan memiliki taring dan matanya melotot. Wajahnya berwarna merah bagi ondel-ondel yang laki-laki, sedangkan yang perempuan berwarna putih. Keduanya dibalut kain warna mentereng seperti warna hijau terang dipadu dengan merah muda atau yang lainnya.

"Warna baju ondel-ondel itu syaratnya simpel, warnanya yang nabrak, mentereng, mencolok dan yang norak. Biar sama orang yang menunggu ketika dia mau lewat warna norak dan menabrak. Jadi, sudah kelihatan dari masih jauh," kata pria yang biasa disapa Davi Kemayoran itu.



Perubahan Nama Ondel-Ondel

Sebelum dikenal dengan nama ondel-ondel seperti sekarang ini, boneka yang kerap ditampilkan berpasangan ini disebut boneka raksasa atau barongan pada 1900. Barongan saat itu merupakan boneka dengan wajah menyeramkan dipadu rambut yang terbuat dari ijuk.

Namun, nama Barongan perlahan berganti lagi menjadi ondel-ondel sejak almarhum Benyamin merilis lagu barunya yang berjudul “Ondel-Ondel di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Lagu itu perlahan mengubah kebiasaan masyarakat menyebut boneka raksasa atau barongan menjadi ondel-ondel sampai saat ini.

Ondel-Ondel Mulai Berubah Wajah

Sebagai boneka yang digunakan untuk mengusir roh halus, ondel-ondel zaman dulu memiliki wajah seram, seperti yang telah disebut di atas. Kini, dengan perubahan kegunaan boneka raksasa itu, tampilannya pun berubah.

Ondel-ondel yang dulunya berwajah seram dan menakutkan, kini sudah bersolek menjadi lebih ramah. Dahulu, anak-anak kecil lari ketakutan ketika melihat ondel-ondel yang diarak ke kampunya. Namun, berbeda dengan masa kini. Malah banyak anak-anak kecil yang berlari menyambangi ondel-ondel, yang wajah dan tampilannya tidak menakutkan seperti dahulu.

Perubahan wajah ondel-ondel yang awalnya seram menjadi lebih bersahabat itu diprakarsai Ali Sadikin, saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar