Jumat, 24 Agustus 2018

Cara Mendidik anak Agar Tumbuh Menjadi Pribadi yang Optimis



Beritapusat99 - MENDIDIK dan mengurus anak adalah sebuah kewajiban orangtua yang tidak pernah mudah. Setiap anak hadir dengan karakternya masing-masing.

Namun sudah menjadi tugas dari orangtua untuk bisa mendidik anak tumbuh menjadi individu dengan pribadi yang baik, walau situasi lingkungan di sekitar tidak seperti yang diharapkan.
Seperti tantangan akan mendidik anak agar tumbuh menjadi anak yang optimis di tengah-tengah situasi kondisi yang negatif. Lalu tindakan apa yang harus dilakukan oleh pihak orangtua untuk bisa mendidik anak agar tumbuh menjadi anak yang optimis? Berikut uraian singkat, empat cara yang mungkin bisa dijadikan panduan agar anak menjadi orang yang optimis, sebagaimana dilansir Time, Jumat (24/8/2018).

Anak melihat langsung dari orangtuanya, maka dari itu sebagai orangtua sudah sepatutnya memberikan contoh yang baik pada anak. Ingin anak menjadi anak yang selalu optimis? Maka jadikan diri Anda sebagai orangtua juga pribadi yang positif. Salah satu caranya dengan selalu memperhatikan lebih pada hal-hal yang positif. Tanamkan pada anak, bahwa di dunia masih banyak hal-hal yang baik, mulai dari bertambah banyaknya orang yang percaya akan kesetaraan gender daripada sebelumnya, percaya pada keyakinan beragama yang lebih beragam, lalu tingkat kemiskinan, kurang gizi, pekerja anak, buta huruf, hingga kematian bayi sudah berkurang daripada yang sebelumnya. Membiarkan hal negatif masuk dan membuat kita kewalahan wajar-wajat saja, tapi untungnya dengan latihan kita bisa membantu otak untuk memberikan hal-hal positif dalam porsi yang sama.

Optimisme bisa dikembangkan, ]Para peneliti menemukan bahwa ketika bahkan orang-orang dengan pandangan yang lebih pesimis menggunakan bahasa positif untuk menggambarkan situasi yang mereka nilai sebagai situasi yan traumatis, perasaan mereka tentang situasi menjadi lebih positif, dan rasa optimisme jadi lebihmeningkat. Ini juga sesuatu yang bisa kita coba di rumah. Misalnya untuk menggambarkan “hate speech”, jelaskan pada anak bahwa ujaran kebencian dulu itu hanya disebutkan sebagai “speech”, atau berbagai contoh yang lain.

Gunakan energiAnda untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga adalah bagian dari dunia yang ada di sekeliling Anda. Contohnya bisa dengan melibatkan diri bergabung di komunitas lingkungan sekitar, terlibat dalam institusi dan klub lokal yang dapat mengisi kebutuhan kita sebagai manusia-mahluk sosial. Temukan sesuatu di daerah lingkungan kita yang dapat membuat diri merasa penuh harapan, dan jadikan itu bagian dari kehidupan di keluarga. Membesarkan anak-anak yang optimis adalah kewajiban yang sulit, sebagian karena hal ini menuntut agar orang tua bisa melepaskan perspektif sinis yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar