Sabtu, 18 Agustus 2018

Intip Motor Yamaha YZ1 yang Digunakan dalam Video Jokowi



Beritapusat99 - Yamaha YZ1 mendadak menjadi perhatian banyak masyarakat Indonesia, setelah sebuah video yang memperlihatkan perjalanan Presiden Joko Widodo dari Istana Bogor menuju Senayan terhalang ratusan warga yang tengah meramaikan pembukaan Asean Games yang akan di buka Jokowi. Rombongan presiden yang terhalang masyarakat, dan dipertintahkan untuk tidak dibubarkan, membuat inisiatif Jokowi mengendarai sepeda motor Paspampres yang tengah mengawalnya.

Keluar dari mobil dinasnya, Jokowi yang masih menggunakan jas dan dasi merah, langsung meminjam helm pengawalnya dan melakukan aksi heroik menggunakan motor Yamaha YZ1 naked dengan melompati kerumunan massa yang dibantu dengan landasan dari mobil towing. Beberapa aksi manuver seperti Stoppie saat terhadang kendaraan roda tiga di sebuah gang, hingga aksi menghindari beberapa warga yang tengah berdiri di pinggir jalan sempit.

Bicara tunggangan yang digunakan Jokowi dan kini viral di media sosial bahkan di beberapa negara, merupakan kendaraan khusus yang dipesan kesatuan paspampres untuk mendukung pengamanan taktis saat presiden tengah melintas di jalan raya. Yamaha YZ1 sendiri kabarnya dipesan secara khusus oleh Paspampres dan tentunya sebagai standar keamanan secara spesifikasi tidak diketahui informasi mengenai ubahan khusus yang terdapat pada motor tersebut.

Namun untuk spesifikasi pabrikan, Yamaha YZ1 versi naked dibekali mesin berkubikasi cukup besar mencapai 998 Cc, DOHC 5 valve. Tenaga yang bisa disemburkan dari tunggangan yang memiliki bobot mencapai 199 kg ini mencapai 150 hp pada 11.000 rp dan torsi maksimum 106 Nm pada putaran 8.000 rpm.

Dengan tinggi antara roda hingga jok mencapai 815 mm, memungkinkan bagi pengendara dengan tinggi 170 cm bisa dengan mudah menjangkau sepeda motor tersebut. Yamaha YZ1 juga terbilang sangat lincah dalam melakukan manuver meski masuk dalam kategori moge, sehingga sangat cocok digunakan dalam berbagai medan, seperti yang dilakukan dalam video Jokowi bermanuver di dalam gang kecil.

Berikut spesifikasi Yamaha YZ1:

PanjangxLebarxtinggi : 2.140mm x 770mm x 1.060mm

Sumbu roda :1.460 mm

Mesin :Liquid cooiled, 4 stroke , DOHC, 5 valve.

Maximum power :150 ps/11.000 rpm

Torsi :106 Nm/8.000 rpm

Kompresi rasio mesin :11.5:1

Kapasitas BBM : 18 liter

Sistem suplay BBM :ECU Fuel injection

Ukuran roda :120/70 ZR17 / 190/50 ZR17

0 komentar:

Posting Komentar