Kamis, 09 Agustus 2018

Lahan seluas satu hektare di Kabupaten Paser diduga sengaja dibakar


Beritapusat99 - Kebakaran menghabiskan 1 hektare lahan di kawasan Paser Belengkong, kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Diduga, lahan sengaja dibakar untuk membuka lahan mengingat saat ini berada di musim kemarau.

Peristiwa itu diketahui Rabu (8/8) malam kemarin. Tim gabungan bersama warga berjibaku memadamkan kobaran api yang terpantau tidak jauh dari fasilitas pipa obyek vital dan permukiman.


"Kami terima info jam 9.30 malam. Terbakarnya jam berapa, kami belum tahu karena warga mengaku tidak tahu. Sekitar jam 11 berhasil dipadamkan," kata Petugas Satgas BPBD Kabupaten Paser, Budhi, dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (9/8).

Beredar kabar, lahan sengaja dibakar karena intensitas hujan di Kabupaten Paser sangat minim. Namun untuk pastinya masih diselidiki.

"Dari kami, belum tahu sebabnya, diselidiki pihak berwajib. Kami hanya bertugas melakukan pemadaman di lokasi. Tapi ya itu, di lokasi, warga mengaku tidak tahu. Tiba-tiba ada kobaran api. Sempat dijaga petugas kepolisian, karena lokasinya berada di sekitar fasilitas obyek vital, juga ada SPBU," tambahnya.

Dia menjelaskan, cuaca di Kabupaten Paser belakangan cukup terik di siang hari sehingga riskan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. "Kalaupun ada hujan, intensitas rendah, dan sifatnya lokal. Memang, riskan bahaya kebakaran hutan. Tapi kami siaga," ungkap Budhi.

"Seperti yang terjadi di Long Kali, masih di wilayah Paser. Sekarang sedang kekeringan. Tapi sejauh ini, belum ada permintaan pengiriman bantuan air bersih. Kami siap siaga sewaktu-waktu warga memerlukan," kata Budhi.

0 komentar:

Posting Komentar