Rabu, 15 Agustus 2018

Jokowi: Pemerintah Bekerja Jaga Harga Pangan


Beritapusat99 -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah ingin seluruh masyarakat sejahtera dan makmur bersama. Untuk itu, berbagai program dijalankan selain juga memberikan jaminan perlindungan sosial.
"Pemerintah bekerja menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok," kata Jokowi di depan Sidang Tahunan MPR, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Selain itu, pemerintah kata Jokowi juga menyalurkan Program Keluarga Harapan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat, serta mereformasi sistem bantuan pangan menjadi program bantuan non tunai, agar lebih tepat sasaran dan cakupannya akan ditingkatkan menjadi 15,6 juta penerima manfaat pada tahun 2019.

"Dengan kerja nyata, Rasio Gini sebagai indikator ketimpangan pendapatan terus kita turunkan, yang saat ini berhasil kita turunkan dari 0,406 menjadi 0,389," paparnya.

Pemerintah juga tidak hanya memperhatikan usaha yang besar-besar saja, tapi juga fokus pada UMKM dan 40% lapisan masyarakat terbawah.

Untuk menyasar 40% lapisan masyarakat terbawah, Pemerintah tengah menjalankan program Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial, serta peningkatan akses permodalan bagi usaha ultra mikro, usaha mikro, dan usaha kecil.

Untuk mendorong perkembangan usaha UMKM, Pemerintah menurunkan tarif pajak final UMKM menjadi 0,5% serta penajaman KUR yang bisa dinikmati 12,3 juta UMKM.

0 komentar:

Posting Komentar