Senin, 13 Agustus 2018

Banyak Mengandung Penyakit Tersembunyi, Batasi Konsumsi Makanan Fast Food



Beritapusat99 - orang tahu bahwa makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan. Meski demikian, masih banyak orang yang acuh dan tidak membatasi konsumsi makanan cepat saji dalam kehidupan mereka.


Menurut pakar gizi Andrea Goergen, bahaya makanan cepat saji terletak pada bumbu yang digunakan saat proses pengolahan berlangsung, seperti dilansir Selasa (14/8/2018).

Kandungan gula yang tinggi

Goergen mengatakan sebagian besar makanan cepat saji memiliki kandungan gula yang tersembunyi. Kandungan inilah yang dipercaya dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Beberapa contoh bumbu yang mengandung gula di antaranya corn syrup, madu, dan agave nectar.

Dia menegaskan, konsumen harus teliti mengingat gula akan menambah kadar kalori pada makanan, sehingga dapat memicu kenaikan berat badan.

"Berhati-hatilah ketika membeli makanan cepat saji, terutama yang diolah menggunakan sirup atau malt. Anda bisa mengecek kadar gula pada tabel makanan. Hindari pula makanan yang memiliki kandungan gula lebih dari 10 gram," tuturnya.


Mengandung pemanis buatan

Selain gula, Goerden menyarankan agar konsumen menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Para peneliti telah membuktikan bahwa bahan makanan tersebut dapat memengaruhi daya serap tubuh.

"Tubuh kita akan 'kebingungan' dalam menyerap gula asli atau pemanis buatan. Hal ini dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula, sehingga bisa memicu obesitas," ungkapnya.

Mengandung MSG

Monosodium glutamate atau dikenal dengan sebutan MSG telah menjadi bahan perdebatan dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah penelitian menemukan bahwa bumbu masakan ini dapat menyebabkan kepala pusing, mual, hingga mati rasa.

Selain itu, MSG juga diketahui mengandung sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Jika dikonsumsi secara terus menerus dapat memicu timbulnya penyakit jantung atau stroke.

Karena alasan inilah Georgen mengimbau agar konsumen lebih selektif dalam memilih makanan yang hendak mereka konsumsi. Bahkan, makanan sehat seperti biji bunga matahari juga mengandung kadar sodium yang sangat tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar