Sabtu, 11 Agustus 2018

Racun Rumput Picu Kanker, Eks Penjaga Taman Dapat Ganti Rugi 289 Juta Dolas AS

Beritapusat99 - Tim juri di San Fransisco, Amerika Serikat memutuskan memberikan ganti rugi bernilai 289 juta dolar AS kepada Dewayne Johnson, mantan penjaga taman sekolah yang mengatakan bahwa “Roundup” buatan Monsanto telah membuatnya menderita kanker.
Pengacara Johnson mengatakan putusan ini dinilai akan mendorong ribuan kasus serupa yang selama ini ditangguhkan dan membuka pintu bagi begitu banyak orang yang selama ini menilai pembasmi rumput liar yang dikenal sebagai “Roundup” – telah menimbulkan penderitaan bagi mereka.

“Saya senang dapat membantu terungkapnya kasus yang lebih besar dari kasus saya,” ujar Dewayne Johnson dalam konferensi pers, Jumat 10 Agustus lalu, setelah pengumuman putusan itu.

Dewayne Johnson yang berusia 46 tahun menuduh produk herbisida buatan Monsanto yang kerap digunakannya telah menimbulkan penyakit limfona non-Hodgkin. Juri pengadilan tinggi negara bagian itu sepakat bahwa “Roundup” berkontribusi pada penyakit kanker yang diderita Johnson dan bahwa Monsanto seharusnya memasang label bahwa produk itu berpotensi membahayakan kesehatan.

Johnson, dengan mengatasnamakan pengacara dan keluarganya, mengucapkan terima kasih kepada tim juri “dari lubuk hati terdalam” atas putusan itu.

Gugatan hukum ini adalah yang pertama yang diajukan seorang pasien kanker terhadap perusahaan agrobisnis raksasa yang disidangkan. Sidang pengadilan telah dipercepat karena dokumen-dokumen menunjukkan bahwa Johnson kini sekarat. Kemenangannya dapat menjadi preseden bagi banyak kasus lain.

0 komentar:

Posting Komentar