Kamis, 31 Mei 2018

Mulai Zaskia Gotik hingga Presiden Jokowi, Ini 3 Kejadian Unik Seputar Pancasila


Berita Pusat
- HARI ini, 1 Juni 2018, Bangsa Indonesia memperingati 73 tahun kelahiran Pancasila, dasar negara yang mempersatukan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun di zaman serba modern seperti saat ini, tak sedikit orang yang lupa bahkan tidak bisa menjawab butir dan lambang Pancasila.
Salah satu kejadian yang sempat mengejutkan masyarakat Indonesia adalah tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh seorang penyanyi dangdut asal Bekasi, Jawa Barat. Sang artis diklaim telah melakukan tindakan penghinaan dasar negara, karena menjawab lambang sila ke-5 dengan sebutan bebek nungging di sebuah acara live di stasiun televisi swasta.

Fenomena ini sebetulnya juga sering ditemui di berbagai lapisan masyarakat, termasuk para siswa pelajar. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Berita Pusat dari berbagai sumber, Jumat (1/6/2018)
Saat blusukan di Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeukolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 17 September 2016 lalu, dalam rangka mensosialisasikan makanan/gizi tambahan, Presiden Jokowi sempat membagikan 3 sepeda kepada para ibu-ibu dan anak-anak yang hadir. Syaratnya, mereka harus berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan olehnya. Alih-alih memberikan pertanyaan sulit, Jokowi justru menanyakan 5 butir Pancasila kepada warga. "Ada yang hapal Pancasila? Maju sini ada yang hapal nggak?" tanya Jokowi di depan ratusan siswa SD yang hadir.
Salah seorang siswi SD bernama Giza dengan percaya diri maju ke depan dan melafalkan Pancasila di samping Jokowi. "Satu Ketuhanan Yang Maha Esa. Dua Kemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, persatuan Indonesia. Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ucap Giza lantang. Jokowi balik bertanya kepada para warga, apakah jawaban Giza benar. Para siswa maupun ibu-ibu yang hadir pun serentak mengatakan “benar”. Sebuah sepeda pun kemudian diberikan kepada siswi SD itu.

Masih di tahun 2016, penyanyi dangdut Zaskia Gotik sempat menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Indonesia karena dituding telah menghina Pancasila. Kejadian tersebut dilakukan oleh wanita yang akrab disapa “eneng” itu pada salah satu acara di stasiun televisi swasta. Ia diketahui menyebut lambang sila kelima Pancasila yang bergambar padi dan kapas dengan istilah “bebek nungging”. Zaskia kemudian dilaporkan oleh pihak kepolisian karena dinilai telah menghina simbol negara. Meski telah beberapa kali menjalani proses hukum, Zaskia justru dinobatkan sebagai duta Pancasila oleh Ketua Fraksi PKB di MPR RI Abdul Kadir Karding.
Belum lama ini, warganet digegerkan oleh sebuah video yang menampilkan seorang siswa SMA tengah memandu teman-temannya untuk membaca 5 butir Pancasila. Dalam video tersebut, memang terlihat sejumlah pelajar SMA dan beberapa petugas kepolisian tengah bersiap-siap membacakan Pancasila. Merek tampaknya baru saja merayakan kelulusan, mengingat seragam yang dikenakan telah penuh coretan berwarna-warni. Video berudarasi 47 detik itu diawali oleh seorang petugas polisi yang memberikan mikrophone pada seorang pelajar. Namun yang bikin warganet gagal fokus adalah gestur tubuh yang ditampilkan oleh sang pemandu, serta sepatu yang ia kenakan. Di akhir video, siswa pemandu itu terlihat mengenak sepatu model flat shoes berwarna hitam yang umumnya digunakan oleh kaum hawa. Berdasarkan data yang dihimpun Okezone, kejadian ini berlangsung di Polres Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan.

0 komentar:

Posting Komentar