Minggu, 27 Mei 2018

PDIP Dinilai Berpotensi Ajukan Budi Gunawan Jadi Cawapres Dampingi Jokowi

BERITA PUSAT - Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) disebut-sebut berpotensi menjadi Cawapres mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Purnawirawan polisi itu memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati selaku partai yang meraih suara terbanyak di pemilu lalu.
Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, Megawati selaku pimpinan partai pemenang pemilu 2014 memiliki hak untuk mengajukan sosok Cawapres termasuk apabila menghendaki nama BG, sekalipun Jokowi sudah jelas berasal dari PDI Perjuangan.
"Masing-masing partai itu punya otoritas, apalagi kalau berdasarkan pemilu yang lalu, kan memang PDIP yang gede suaranya, jadi kalau PDIP mengajukan calonnya (Cawapres) wajar-wajar saja," kata Siti saat berbincang-bincang dengan Okezone, Senin (28/5/2018).

Keunggulan BG, kata Siti Zuhro Zuhro, BG bukan kader PDI Perjuangan sehingga peserta partai koalisi tidak bisa mengatakan bahwa Capres dan Cawapres berasal dari satu partai. Karena, kenyataannya memang hanya Jokowi yang resmi sebagai kader partai.


Tidak hanya itu, Siti Zuhro menilai latar belakang partai tidak terlalu menjadi pertimbangan dalam koalisi pendukung Jokowi saat ini. Namun, yang menjadi pertimbangan itu justru kehadiran sosok akan menjadi kemenangan bagi Jokowi.
"BG bukan kader PDI tapi kan dia (PDI Perjuangan) juga punya perhitungan kira-kira menang nggak kalau Jokowi disandingkan dengan BG. Nah pas disitu mulai bingung kan?," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar