Jumat, 27 Juli 2018

Lestarikan Stasiun Tua, Keaslian Bentuk Harus Tetap Terjaga


Beritapusat99 - PT KAI memiliki cara sendiri untuk melestarikan bangunan cagar budaya. Agar tak termakan usia dan tetap menarik, pihaknya melakukan perawatan untuk bangunan tua, khususnya stasiun kereta.

Senior Manager Humas PT. KAI Daop I, Edy Kuswoyo mengungkapkan, kegiatan pemeliharaan bangunan cagar budaya tersebut meliputi beberapa hal mulai dari pemeliharaan kebersihan, hingga memperbaikan bangunan.


"Treatment khusus dalam pelestarian bangunan cagar budaya milik kereta api adalah dengan memperhatikan keaslian bentuk, dan dalam pelaksanaanya diupayakan untuk meminimalisasi perubahan," kata Edy.

Edy tak memungkiri, dalam perjalannya merawat bangunan yang sudah berdiri puluhan tahun itu, terdapat berbagai perubahan dilakukan. Hal itu untuk disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sebab katanya bangunan tersebut hingga saat ini masih aktif digunakan sehingga perlu penyesuaian.

"Dalam pelestariaanya dilakukan dengan upaya adaptasi. Adaptasi adalah upaya pengembangan cagar budaya untuk kegiatan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masa kini dengan melakukan perubahan terbatas yang tidak akan mengakibatkan kemerosotan nilai penting atau kerusakan pada komponen bangunan yang memiliki nilai penting," tuturnya.

Hal itu disesuaikan dengan peraturan UU tentang Cagar Budaya yang mana dalam melakukan perawatan maupun perbaikan harus memerhatikam keasilan bahan bangunan, dan mempertahankan gaya arsitekturnya.

Menurut Edy, adaptasi yang dilakukan terhadap bangunan lebih banyak kepada bagian material bangunan dan perubahan tata ruang. Sulitnya menemukan bahan bangunan asli menjadi kendala tersendiri. "Sehingga perlu pertimbangan ketika ada kerusakan pada komponen bangunan harus memesan atau membuat replika," ungkapnya.

Pelestarian bangunan budaya juga tidak hanya dari segi perlindungan maupun perawatan. Melainkan juga bagaimana upaya pemanfaatan yang dilakukan terhadap bangunan tersebut.

"Sesuai dengan fungsi bangunan tersebut sebagai stasiun yang masih beroperasi, PT. KAI mengoptimalkan pemanfaatan bangunan untuk operasional kereta api, selain itu pada ruang-ruang bangunan juga dimanfatkan sebagai fasilitas pelayanan stasiun dan area komersial," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar